Artikel

Mainan Kayu Adalah Pilihan Terbaik Untuk Anak-Anak

oleh Ashley Ess

Kita tentu ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anak kita, tapi bagaimana jika kita tidak terlalu paham mengenai mainan yang terbaik ? Bisa dibayangkan anda berada di lorong panjang yang penuh pilihan mainan. Di kiri kanan lorong anak anda mungkin digoda dengan mainan yang tampak sangat canggih atau paling mahal sedangkan mainan kayu berada di ujung lorong sehingga tak terlihat. Namun apapun kondisinya, anda tetap harus mempertimbangkan mainan kayu di atas mainan-mainan mutahir dan baru itu. Mengapa ? Ini alasannya:

Mainan kayu tidak pernah ketinggalan jaman.

Memang jarang ada kehebohan komersial terhadap mainan kayu keluaran terbaru. Tapi mainan kayu ini terbukti dinikmati oleh lintas generasi dan sampai sekarang masih relevan. Berbeda dengan mainan plastik digital yang segera menjadi ketinggalan jaman ketika model baru dengan teknologi baru keluar (masih ingat Bop It dan Tamagochi ?). Sedangkan mainan kayu tak tergeser oleh waktu.
Ada banyak alasan mengapa mainan kayu lebih baik –tidak hanya untuk anak anda, tapi juga lebih baik untuk alam lingkungan kita. Mainan kayu lebih tahan lama (menyisakan limbah yang lebih sedikit dibandingkan mainan plastik), bisa terurai secara biologis dan bahkan bisa menggunakan kayu yang berkonsep berkelanjutan. Mainan kayu yang berkualitas baik dan ramah lingkungan juga tidak mengandung PVC (Polyvinyl chloride alias plastic sintetis), phthalates atau bahan kimia sejenis yang digunakan dalam mainan plastik. Namun tetap harus waspada terhadap kayu yang murahan dan berkualitas rendah. Sebagian mainan kayu ini dibuat dari plywood yang penuh lem beracun dan mengeluarkan formaldehyde.

Biaya rendah, kualitas tinggi

Mainan kayu padat memungkinkan anda untuk tetap ramah lingkungan sesuai bujet anda. Ada banyak mainan kayu berkualitas baik di pasar tanpa perlu menguras dompet anda, dan lebih kompleks daripada yang anda pikir. Tahun 2015, studi mainan tahunan TIMPANI menemukan bahwa sebuah cash register kayu sederhana mendapatkan penilaian bagus untuk kategori kreativitas, dan sangat diminati anak-anak laki-laki dan perempuan dengan latar belakang sosial ekonomi yang beragam.

Bermain adalah makanan untuk Pikiran

Ketika anak-anak bermain dengan mainan, mereka sebenarnya tidak sedang sibuk; mereka sedang melakukan pembelajaran dengan serius. Riset menunjukkan waktu bermain yang tak terstruktur — bersama mainan kayu sederhana dan bersifat terbuka, sebagai contoh — mempunyai nilai yang sama berharganya dengan waktu belajar di kelas yang menyenangkan. Imajinasi anak-anak berkembang ketika mereka bermain dengan mainan yang fungsinya tunggal. Bayangkan seorang anak balita bermain dengan balok-balok kayu; mereka bisa menyusunnya menjadi bentuk sebuah rumah, bangunan, kebun binatang atau apapun yang mereka imajinasikan.

Mainan yang terlalu atraktif bisa Melemahkan Otak

Seringkali mainan yang paling populer atau mainan yang tampak sangat menstimulasi anak-anak dan orang dewasa justru bukan pilihan yang bagus untuk dimasukkan dalam daftar mainan anak-anak. Tipe mainan seperti ini biasanya sangat mencolok, berbahan plastik yang dikemas dengan elemen elektronik yang menawarkan sangat sedikit peluang untuk bermain kreatif, dan bahkan mungkin mengganggu tumbuh kembang anak lepas dari klaim pabrik pembuatnya. Intinya, bersifat mendasar itu lebih baik. Sebuah mainan tidak memerlukan berbagai bel dan peluit. Selain itu, terlalu menstimulasi bisa berakibat negatif pada pada susunan syaraf, yang membuat makin sulit bagi otak untuk berpikir kritis.

Plastik: bahaya dan masalah

Bahkan jika anda tidak membeli gawai yang paling baru untuk anak anda, tetap ada banyak alasan untuk menghindari plastik. Tidak hanya buruk terkait dengan isu lingkungan tapi mainan plastik juga buruk terkait dampaknya terhadap tumbuh kembang anak. Anda mungkin mengetahui laporan terbaru yang mengaitkan penyimpangan hormon dengan kimia BPA (bisephenol A) yang digunakan dalam plastik. Ini cuma satu dari banyak kimia yang ditemukan dalam mainan plastik. PVC (vinyl) adalah kimia berbahaya lain yang harus dihindari ketika membeli mainan dan bisa mengandung carcinogens seperti phttalates.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *